Mengubah Anak Malas Menjadi Produktif

author

Fajri Yulizar

Share Post

Gambar : https://www.freepik.com

Tidak hanya anak dewasa saja ynag mengalami kemalasan, remaja , mahasiswa, para pekerja, bahkan para orang tuapun pasti pernah merasakan penyakit malas, alangkah lebih baik juga bukan identitas , alih-alih mencap anak sebagai anak yang malas. alangkah lebih baik jika ayah dan ibu bisa membantu mereka  berubah dari enggan menjadi giat melakukan sesuatu apapun itu : belajar, melatih bidang bakat , memut karya, membantu tugas-tugas dirumah dan sebagainya.

 salah satu trik mengubah dari mals menjadi produktif, adalah membantu anak belajar bekerja dengan cerdas, alias work smart. minta semua anak daftar semua hal yang harus dikerjakannya, dan pandu anak untuk berfikir , apakah dengan menunda salah satu pekerjaan hari ini, hal tersebut mendatangkan keutungan atau kerugian bagi si anak. bekerja terlalu keras tidak baik , tetapi santai-santai ssaja tidak disarankan.

kemalasan anak pasti akan mendatangakan kosekuensi ; tugas yang belum selesai, PR yang tidak lengkap dan sebagainya. namun jangan gegabah dan langsung membetulkan pekerjaan anak; biarkan mereka menerima kosekuensinya dan belajar lebih baik lagi setelah itu. ayah ibu tak perlu memarahi.